ganti seal oli gardan dan klaher


Mau cerita-cerita ah…

Minggu pagi ketika hendak mencuci mobil gw kaget ketika melihat ada oli di lantai. Gw melongok ke kolong mobil untuk melihat darimana asal sumber oli tsb, ternyata oli tsb berasal dari gardan belakang yg lewat melalui celah2 velg trus mengalir melalui ban bagian dalam. Hmmm..langsung berfikiran kayaknya ada yg gak beres nih dengan seal oli gardan tsb.

Niat nyuci mobil gw batalin, gw langsung meluncur ke bengkel untuk memperbaiki karena gw gak bisa memperbaikinya sendiri (maklum aja gw gak ada kmampuan hehehe). Setelah sampai bengkel gw langsung bilang penyakitnya walopun gw gak tau berapa biayanya tapi it’s OK kayaknya sih cukup cuma bawa duit 150rb. (padahal itu duit tinggal segitu-gitunya di dompet hiks hiks).

Pertama montir tersebut mengendurkan ban dan menaruh dongkrak agar bisa melepas ban tsb. (pada waktu mengendurkan mur ban ternyata dari ke empat mur tsb yg kencang Cuma 1 dan yg 3 nya kendur semua!!!! Gawat untung cepet ketauan klo gak bisa celaka gw).

*hal sepele seperti mengecek mur2 pada ban itu sangat penting apalagi jika kita akan berpergian ke luar kota.

bongkar ban dan tromol

bongkar ban dan tromol


Lanjut, yang kedua montir tsb melepaskan tromol rem dan mencabut As ban.

ganti klaher

ganti klaher

Nah ketauan dah penyakitnya ternyata emang bener Sealnya kena/ bocor terus ditambah klahernya juga rusak minta di ganti. (huaawawawaaaaaaaa….. pengeluaran nambah dah hikshiks).

seal oli gardan

seal oli gardan



Harga

Seal oil          : Rp.   30.000.-

Klaher Ban   : Rp. 115.000.-

Ongkos         : Rp.   25.000.-

————————————-

Total               : Rp. 170.000.-

Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 2 jam, mobil tsb selesai dan tak ada lagi oli yang menetes/ merembes lagi dan ternyata gejala ngeraung juga hilang semenjak gw ganti klaher tsb.

posted by : Bowie666

~ oleh bowie666 pada Mei 19, 2009.

10 Tanggapan to “ganti seal oli gardan dan klaher”

  1. ada yg janggal neh yud, lo bawa duit 150000, sedangkan total pengeluaran 170000 yg 20000 ngutang yah .. ???

  2. oh iya Mi gw lupa… thx koreksinya.
    gw ngutang yg 20rb nya hahahahaa…… bikin malu gw aje lo.

  3. um.. d bengkel mana nih? kok keliatannya bagus n g ngeringin kantong.. hehehe.. thanks inponya..

  4. di buana motor jln ceger raya pondok aren om…..

    itu mekaniknya namanya asep (wahh gw udah promosi nih)

  5. wedew.. jauh umm.. py bengkel recomended daerah cibinong ngga?
    btw happy new year umm.. thanks

  6. met thn br juga ya om….
    wahh daerah cibinong gak ada om, tp coba deh om masuk milis kijang, curhat di milis siapa tau masalah2 ttg kijang bisa di atasi… dan menemukan bengkel rujukan tuk daerah sana..
    toyota-kijang@yahoogroups.com

    smoga membantu

  7. sooory nich.. gw mo curhat, masalah kijangku kalo mo jalan perseneleng gigi satu kalo dingkAT koplingnya ko jalannya “ngegrijig” kaga lembut gitu untuk star(mulai jalan), truss gw ke bengkel ktnya engine mounting, satu lagi gw survei bengkel ktnya dekruf gw jadi bingung…. tolong kasih solusi donk… thanks yaa atas komentarnyaa.

  8. @ toharudin : menurut saya kayaknya dekrufnya deh om… mungkin setelannya kurang pas. (maaf klo salah). lebih baik coba di survey ke 3/ 4 bengkel dahulu.
    wassalam

  9. Thanks ceritanya cukup detail n informatif mengenai gejala dan masalahnya, mungkin masalah saya sama. Cuma terlanjur dibawa dari bintaro-bekasi, jadi sampe keluar bunyi “krrotok..krotok..krotok”. Mungkin lahernya sdh rontok. Mudah-mudahan jeroan gardannya gak ikut rontok. Besok baru mau dibawa ke bengkel.

  10. Hiiii alll, saya mau naya niii, dimn saya dapat cari oil seal gerdang mobil toyota vanguard tahun 2009, saya uda cr setengah mati, ttp ga ketemuu, mohonn kalau ada yg tau,please email gue tq

Tinggalkan Balasan

 
